//
you're reading...
Finansial

Pemerintah Klaim Indonesia Surplus 2,37 Juta Ton Singkong

Jakarta – Pihak Kementerian Pertanian (Kementan) mengklaim Indonesia akan mencatatkan surplus sebanyak 2,37 juta ton singkong hingga akhir tahun. Namun kenyataannya Indonesia masih tetap saja mengimpor singkong.

Kementan beralasan, impor singkong dilakukan karena Indonesia mengalami permintaan tepung terigu yang cukup banyak, yang bahan bakunya sebagian berasal dari singkong.

Direktur Aneka Kacang dan Umbi (Akabi) Kementan Maman Suherman menyebutkan, saat ini kebutuhan singkong dalam negeri mencapai 20,3 juta ton per tahunnya, sementara itu ketersediaan singkong dalam negeri perkiraan tahun ini berada di angka 22,67 juta ton.

“Itu berarti ada surplus singkong sekitar 2,37 juta ton,” kata Maman saat dihubungi detikFinance, di Jakarta, Senin (10/12).

Dia mengaku, dari hasil perhitungan kebutuhan konsumsi dalam negeri, tercatat Indonesia membutuhkan konsumsi singkong sebanyak 62,78 kg per
kapita per tahun.

Lebih lanjut dia mengatakan, adanya impor oleh industru tersebut dilakukan karena pertumbuhan industri yang cukup tinggi. Untuk itu, pihaknya perlu melakukan kerjasama dengan pihak swasta seperti perusahaan ubi kayu di Lampung dan masyarakat singkong Indonesia untuk mengembangkan produktivitas singkong di sentra-sentra yang memang memiliki produktivitas tinggi.

Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang tidak mencukupi saat-saat tak ada produksi singkong. Menurutnya, permintaan singkong terus meningkat hingga 10 persen dari total produksi.

Selain itu, dia juga mengaku, alasan impor dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri pada bulan-bulan kosong panen per Januari-Mei
2012 dan November-Desember 2012. Singkong produksi dalam negeri juga kerap diekspor ke luar negeri saat produksi tinggi atau panen.

“Kita harus fokus mengembangkan tanaman singkong di luar Jawa agar kebutuhan terpenuhi. Pada bulan-bulan itu juga ketersediaan singkong kecil jadi tetap harus impor,” kata Maman.

(hen/hen)

http://finance.detik.com/read/2012/12/10/164501/2114441/4/pemerintah-klaim-indonesia-surplus-237-juta-ton-singkong?
Dewi Rachmat Kusuma – detikfinance
Senin, 10/12/2012 16:45 WIB

About pujonugroho

islam mind

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: