//
you're reading...
Finansial

RI Impor Singkong, Ini Tanggapan Menteri Ekonomi

Jakarta – Oktober 2012 lalu, Indonesia tercatat kembali melakukan impor 6.200 ton singkong senilai US$ 1,6 juta atau Rp 15,2 miliar. Apa tanggapan pemerintah?

Menko Perekonomian Hatta Rajasa menegaskan, impor biasanya dilakukan karena keterbatasan produksi dalam negeri. Ini juga yang terjadi terhadap singkong.

“Intinya kan sama, kalau pertanian tetap ingin semaksimal mungkin menggunakan produk pertanian di dalam negeri. Tapi kita juga punya kepentingan untuk mengimpor kalau memang tidak cukup, kalau cukup jangan,” jawab Hatta terkait impor singkong saat ditemui usai pertemuan dengan pemerintah Slowakia, di Ballroom Hotel JW Marriot, Jakarta, Senin (10/12/2012)..

Menurut Hatta, pemerintah memiliki kewajiban untuk menjaga harga barang di tingkat masyarakat dan petani. Untuk itu, pemerintah selalu melakukan rapat koordinasi terkait pangan.

“Karena kita ingin stabilisasi harga dan tidak ingin petani jatuh. Kalau dibilang tidak harmonis tidak. Setiap minggu saya lakukan rapat koordinasi pangan dan ketat. Kalau tidak kerjasama kita tidak bisa menjaga inflasi rendah,” pungkasnya.

Pada Oktober lalu kembali terjadi impor singkong sebesar 6.200 ton senilai US$ 1,6 juta atau Rp 15,2 miliar. Padahal hampir 3 bulan sebelumnya tidak terdapat impor singkong ke Indonesia.

Biasanya impor singkong dilakukan dari negara China dan Vietnam, tetapi untuk impor pada bulan Oktober ini berasal dari negeri Gajah Putih, Thailand.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), total impor singkong pada tahun ini hingga Oktober 2012 sebesar 13.300 ribu ton dengan nilai US$ 3,4 juta atau Rp 32,3 miliar.

(nia/dnl)

http://finance.detik.com/read/2012/12/10/154154/2114283/4/ri-impor-singkong-ini-tanggapan-menteri-ekonomi?

Ramdhania El Hida – detikfinance
Senin, 10/12/2012 15:41 WIB

About pujonugroho

islam mind

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: