//
you're reading...
Finansial

RI Impor Singkong, Kadin: Itu Tak Masuk Logika!

Jakarta – Indonesia tercatat mengimpor singkong Rp 32 miliar dari China, Thailand, dan Vietnam. Banyak kalangan yang menyayangkan hal ini, pengusaha menilai ini di luar akal sehat.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Suryo Bambang Sulisto mengatakan, impor singkong ini tidak seharusnya terjadi.

“Yang harus kita benahi adalah kenapa kita impor padahal bisa menanam di sini, itu nggak masuk logika. Tak ada logikanya,” tegas Suryo saat ditemui selepas acara Diskusi Nasional ‘Upaya Menghindari Akibat Hukum Pidana Korupsi Antara Pejabat Daerah dan Pengusaha Dalam Membangun Kenyamanan Berinvestasi dan Berusaha’ di Golden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (11/12/12).

Pasalnya, lanjut Suryo, Indonesia adalah negara dengan tanah yang subur. Bahkan menurutnya, di daerah dengan tanah yang tidak subur pun singkong dapat ditanam.

“Agak aneh ya ironis. Negara kita kan negara yang bukan main suburnya. Di tanah yang tidak terlalu subur pun singkong bisa tumbuh,” lanjutnya.

Dia beranggapan, ini adalah ulah dari oknum pengusaha yang ingin mengambil keuntungan secara lebih dengan melakukan praktik impor ini. Menurutnya, ini harus segera ditindak.

“Ini ada sesuatu yang salah. Semua kan ujung-ujungnya keuntungan, pengusaha kalau ada celah keuntungan kan dia ambil,” tutupnya.

Seperti diketahui berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), total impor singkong pada tahun ini hingga Oktober 2012 sebesar 13.300 ribu ton dengan nilai US$ 3,4 juta atau Rp 32,3 miliar.

Selain impor dari Thailand tersebut, pada April dan Mei 2012, sebanyak 5.057 ton singkong berasal China dengan nilai US$ 1,3 juta masuk ke tanah air. Impor ini kemudian berhenti pada Mei ini.

Sementara itu, pada Mei impor singkong dilakukan dari negara Vietnam. Sebanyak 1.342 ton singkong dengan nilai US$ 340 ribu masuk ke Indonesia. Dari bulan Juli sampai September 2012, tidak terdapat impor singkong dari negara manapun.

Tahun lalu, pada bulan Januari-Juni 2011, Indonesia tercatat mengimpor ubi kayu dengan total 4.730 ton dengan nilai US$ 21,9 ribu.

(zul/dnl)

http://finance.detik.com/read/2012/12/11/114952/2115083/4/ri-impor-singkong-kadin-itu-tak-masuk-logika?
14/12/2012
Zulfi Suhendra – detikfinance
Selasa, 11/12/2012 11:49 WIB

About pujonugroho

islam mind

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: