//
you're reading...
Finansial, SDA

Sindir SPBU Pesaing, Pertamina: Kalau di Malaysia Mau Jual BBM Harus Bangun Kilang

Jakarta – Pertamina menyatakan Indonesia merupakan negara ramah kepada investor, termasuk perusahaan yang mau menjual BBM secara ritel lewat SPBU. Di Indonesia perusahaan yang mau jual BBM tak perlu membangun kilang.

Hal ini disampaikan oleh Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir dalam acara Diskusi Forum Wartawan Industri mengenai Prospek Industri Petrokimia di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat (14/12/2012).

Ali mengatakan, harusnya investor yang berniat untuk menjual BBM di Indonesia wajib untuk membangun kilang minyak sendiri. Tapi saat ini dari sekian banyak pebisnis BBM, hanya Pertamina yang memiliki kilang.

“Orang yang mau buat jualan BBM di sini harusnya buat kilang. Hanya Pertamina yang punya kilang,” ungkap Ali.

Dia membandingkan dengan negara-negara lain, seperti Malaysia. Menurut Ali, pemerintah Malaysia menerapkan regulasi wajib membangun kilang untuk jika ingin melakukan bisnis BBM.

“Negara seperti Malaysia, kalau anda mau berbisnis BBM, jualan BBM maka anda harus bangun kilang. Kalau di Indonesia itu negaranya ramah, ke investor juga sngat ramah maka siapapun yang mau bisnis BBM tidak usah bangun kilang,” katanya.

Untuk satu kilang, menurutnya butuh biaya hingga US$ 8 miliar dengan kapasitas 200 ribu barel. Padahal, pembangunan kilang ini sangat bermanfaat jangka panjang.

“Mereka (pemerintah Malaysia) pintar buat aturannya, karena kalau kilang ini bakal stay kan nggak bakal ke mana-mana. Kalau investornya pergi, nggak mungkin kilangnya dimasukin koper,” katanya.

“Dengan tambahan regulasi ini, maka pemerintah pun dapat mengambil manfaatnya dengan penambahan storage BBM. Investasi satu kilang itu untuk 100 ribu barrel US$ 2-4 miliar. Jadi kalau 200 ribu barel sekitar US$ 8 miliar,” pungkasnya.

http://finance.detik.com/read/2012/12/14/123139/2118534/1034/sindir-spbu-pesaing-pertamina-kalau-di-malaysia-mau-jual-bbm-harus-bangun-kilang?

About pujonugroho

islam mind

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: