//
you're reading...
Minyak

Bappenas: Cara Agar BBM Subsidi Tepat Sasaran Adalah Kenaikan Harga

Jakarta – Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana menilai adanya kekurangan BBM bersubsidi yang terjadi akhir-akhir ini disebabkan banyaknya BBM bersubsidi yang dinikmati masyarakat yang tidak berhak menerimanya alias tidak tepat sasaran.

“Tentu pemerintah melihat kaitannya dengan subsidi, prinsipnya harus tepat sasaran. Itu saja prinsipnya. Nah, dari komponen subsidi, yang besar dan relatif tidak tepat sasaran adalah energi, baik listrik maupun BBM,” ujar Armida ketika ditemui di Jakarta, Senin (26/11/2012).

Menurut Armida, salah satu cara guna mengantisipasi ketidaktepatan sasaran BBM bersubsidi ini adalah penyesuaian harga. Selain itu, pembatasan penggunaan BBM bersubsidi dan pengembangan bahan bakar alternatif.

“Salah satu pricing (harga). Karena pricing semacam signal. Kemudian adalah alternatif opsi, kalau bukan BBM apa. Angkutan umum, atau di luar BBM ada BBG,” jelasnya.

Dengan adanya kasus yang terjadi akhir-akhir ini, Armida menegaskan pihaknya meminta Kementerian ESDM untuk tetap menjaga peruntukkan BBM bersubsidi.

“Intinya dari kami, namanya juga kuota dan subsidi kan tentu peruntukannya jelas. Bagaimana ini supaya minimal yang tidak tepat sasaran, yang bukan haknya, itu kan banyak terjadi, itu tidak boleh,” tandasnya.

(nia/dru)

http://finance.detik.com/read/2012/11/26/174007/2101854/1034/bappenas-cara-agar-bbm-subsidi-tepat-sasaran-adalah-kenaikan-harga?

About pujonugroho

islam mind

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: